, , ,

BKT Sebagai Pengendali Banjir Di Semarang, Apakah Sudah Optimal?

 

A.    Banjir Kanal Timur

BKT adalah kanal buatan yang berada di bagian Timur Kota Semarang yang  merupakan konsep pengendalian banjir yang telah lama dibuat untuk mengatasi banjir akibat hujan lokal dan aliran dari hulu. BKT dibangun dengan harapan memiliki fungsi sebagai berikut:

1. mampu mengurangi ancaman banjir di kawasan yang rawan mendapat genangan, seperti kawasan permukiman, industri, dan pergudangan.

2. prasarana konservasi air untuk pengisian kembali air tanah dan sumber air.

3. mampu meningkatkan keseimbangan ekosistem.

4. memperkuat infrastruktur pengendalian sumber daya air di wilayah timur.

 

B. Sistem BKT yang kurang optimal

Permasalahan yang terjadi di Kota Semarang Timur adalah banjir yang diakibatkan adanya  hujan deras dimana sistem yang ada tidak mampu menampung debit air datang, hal ini lah yang menyebabkan banjir belum dapat teratasi. Beberapa upaya telah dilakukan untuk mengatasinya dengan pembangunan bendungan Jatibarang, perbaikan Kanal Bnjir Barat, pembanguna  rumah pompa dan kolam retensi kali semarang, serta pembangunan polder Banger.

Metode keandalan yang dikembangkan di Belanda tidak universal dan langsung diterapkan di Indonesia, oleh karena itu perlu kajian pemantapan dalam pemanfaatan metode tersebut. HEC-HMS (Hydrologic Engineering Center’s Hydrologic Modeling System) merupakan model hidrologi sebagai alat bantu yang digunakan bersamaan dengan perangkat lunak SIG guna memudahkan dan meningkatkan keakuratan dalam mempredikasi puncak dan volume debit banjir guna perancangan drainase perkotaan . Teknik analisis hidrologi HEC-HMS ini dapat menganalisis banjir perkotaan dengan penggunaan lahan yang komplek dan dapat menelusuri banjir dengan mengkaji volume kolam tampungan dan kapasitas pompa. Predictive Control merupakan model yang dimanfaatkan guna meminimalkan kegagalan operasi pompa dalam menanggulangi debit banjir yang ekstrim.

C. Solusi Permasalahan Banjir di Semarang Timur

Hal yang dilakukan adalah  mempelajari sistem operasi dan pemeliharaan yang efisie, jadi pada penelitian tahap kedua perlu disusun sistem pengelolaan polder yang berbasis masyarakat sehingga biaya pemeliharaan tidak membebani anggaran pemerintah.

Saat ini pengoperasian yang optimal dari suatu sistem drainase merupakan kesulitan yang paling utama dalam menanggulangi permasalahan sampah yang meningkatkan biaya operasi dan pemeliharaan.

WIRUS KNOWLEDGE Edisi April

Memiliki usaha adalah hal yang sangat menyenangkan, mengasyikkan juga menghasilkan. Apa aja sih hal yang harus kamu miliki jika ingin menggeluti dunia usaha?

Nah, berikut ada DELAPAN karakter yang mestinya ‘harus’ untuk kamu miliki jika ingin memulai usaha.

1. Berpikir Otentik
Sedari dini, cobalah untuk menuangkan pemikiran dan karya asli dari imajinasi yang kamu miliki. Sederhana tapi tidak banyak dicoba, padahal mudah jika sudah terbiasa. Pemikiran aslimu akan membiasakan kamu untuk berpikir kreatif juga berbeda dalam artian positif, yang mana hal ini sangat baik sebagai dasar kamu untuk terjun di dunia usaha, bahkan dunia lainnya.

2. Bangun Relasi yang Kuat
Adalah hal yang sangat mendasar. Antara produsen dan konsumen, keduanya saling membutuhkan.
Baik.. anggap saja kita mulai dari awal dimana segalanya masih dalam ranah yang lebih sederhana.
Saat kamu memulai usaha, siapa yang akan menjadi konsumennya? Ya, orang-orang terdekatmu. Jika kamu tidak memiliki relasi yang baik lagi kuat dengan mereka, bisajadi mereka akan menjadi kurang tertarik atas apa yang kamu tawarkan.
Relasi sangat penting untukmu memulai usaha, dan jauh lebih penting dalam setiap keberjalanannya. Karena seorang pengusaha tidak bisa bekerja sendiri, kamu butuh orang lain, kamu butuh team. Biasakanlah bekerja dalam team.
dan emmm… Relasi bukan cuma kepada sesama ya, tapi juga kepada Yang Mahakuasa dan segala ciptaannya.
Jujur dan bersikap baik kepada semuanya, bisa menjadi kunci sukses utama.

3. Cari Peluang Baru
Ketika kamu menemui kesulitan dalam kehidupan sehari-hari, maka sebenarnya kamu sedang melihat peluang baru, jika kamu jeli.
Itu baru di dalam hidupmu, belum lagi kesulitan yang dialami kerabatmu juga orang di sekitarmu. Misalnya saja adikmu tidak suka mengonsumsi ikan karena berduri dan bau amis, maka pertanyaan ‘bagaimana caranya adik tetap suka makan ikan’, dapat menjadi solusi untuk nantinya dikembangkan menjadi lahan usaha, karena sejatinya banyak orang memiliki masalah yang sama.

4. Kejar Peluang dengan Disiplin Tinggi
Ini adalah hal yang sulit, dibutuhkan mental kuat juga kemauan tinggi untuk melakukannya. Disiplinlah atas apa yang telah kamu sepakati sebagai target, kejar sampai dapat lalu pertahankan dan tingkatkan.

5. Berpikir Simple
Lebih tepatnya, temukan sebuah solusi yang simple. Berpikir untuk menyederhanakan sesuatu yang kompleks adalah hal sulit, namun jika kita bisa mencapainya, maka semuanya pun akan terasa mudah.

6. Fokuskan Waktu Tenaga dan Pikiran
Dalam mengerjakan sesuatu, fokus adalah hal yang harus kita junjung tinggi untuk mencapai sebuah keberhasilan. Sebagai mahasiswa, ini adalah hal yang sangat sulit ketika kamu harus membagi fokus antara kuliah, tugas, organisasi, ukm, juga kepanitiaan sebuah event. Selakanlah sedikit waktu untuk kamu bisa memfokuskan diri pada usaha yang kamu tekuni, tak banyak tak masalah, yang penting efektif dan produktif.

7. Action Oriented
Berorientasilah pada aksi. Menimbang resiko memang diperlukan, tapi aksi dan eksekusi adalah hal yang jauh lebih dibutuhkan. Cobalah percaya diri dengan idemu, segerakanlah untuk mulai bergerak, berani ambil resiko, and see what happen.
ya, just do and see and then lakukan evaluasi.

8. Mau Belajar dan Membuka Diri
Hidup adalah proses belajar yang tak pernah berhenti, begitu juga dalam dunia usaha. Terus belajar untuk menyempurnakan usaha yang kamu tekuni. buka diri juga siapkan hati.
Coba terima apabila ada masukan juga kritikan. terima saja dahulu, baru kemudian masukkan ke dalam agenda evaluasi lalu lakukan pembahasan secara kritis, logis dan sistematis.
Jangan juga sesekali meletakkan gengsi dalam setiap keputusan, karena gengsi akan selalu mengalahkan akal sehatmu,kawan.

Sekian, Semangat Berkarya!

(Wirus Knowledge/ Erlangga Dyza I)

, ,

Ada Apa Aja sih di Bulan Maret?


Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan pada bulan Maret. Yuk kembali ramaikan acara-acara HMS di bulan April. Ditunggu konstribusi kalian ya!

 

,

Diterjang Debit Air Sungai Krengseng, Jembatan depan FEB Undip Ambrol Terkikis

JEMBATAN

Jembatan adalah suatu struktur konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan, seperti untuk  menyebrangi sungai ataupun jalan raya. Jembatan sering menjadi komponen kritis dari suatu ruas jalan, karena sebagai penentu beban maksimal kendaraaan yang melewati jalan tersebut. Ada banyak sekali macam jembatan yang ada, mulai dari jembatan yang besar hingga jembatan yang kecil, namun mereka sama-sama memiliki peran yang penting.

 

AMBROLNYA JEMBATAN

Ambrolnya Jembatan yang berada di depan FEB  dikarenakan adanya beberapa faktor. Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh Tim Ristek HMS 2017 kepada salah satu dosen Geoteknik Kresno Wikan Sadono, S.T.,M.Eng, penyebab utama dari ambrolnya jembatan karena debit air yang mengalir dari hulu lebih besar dari daya tampung volume air yang mampu mengalir melewati jembatan tersebut, alhasil air akan terus menerus menggerus DPT yang ada dan membuat tanah di sekitar jembatan terkikis. Hal ini menyebabkan jembatan tidak kuat menahan beban yang ada di atasnya, ditambah saat huajan deras datang dimana debit air yang mengalir tidak dapat lagi tertampung dan ini membuat air akan meluap dan semakin memperparah kerusakan jembatan.

 

KEADAAN JEMBATAN SAAT INI

Untuk saat ini karena jalur  kiri jalan jembatan mengalami pengikisan yang cukup parah maka jalur tersebut  ditutup dan akses yang di gunakan hanya jalur kanan. Memang sudah ditutup dengan plang yang bertulisan “MAAF jembatan ambrol” dan police line tapi tetap saja ada beberapa kendaraan yang melewati jembatan tersebut, hal ini sangat berbahaya karena penambahan beban pada jembatan dapat semakin melemahkan DPT dan membuat kerusakan pada jembatan semakin parah. Selain itu penutupan jalur juga dilakukan sebagai upaya keamanan bagi pemakai jalan.

Cek video dibawah ini untuk liat tanggapannya ya!

 

SOLUSI UNTUK AMBROLNYA JEMBATAN

Jembatan yang digunakan untuk menghubungkan dua ruas ini tidak layak untuk dipertahankan. Sebab struktur bawah jembatan telah ambrol dan tidak memungkinkan menahan beban berat. Dimana hal ini mengganggu kelancaran transportasi di daerah tersebut.

Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, solusi yang tepat untuk ditindaklanjuti adalah:

  1. Pembangunan Ulang

Pembangunan ulang jembatan dengan meluaskan sisi jembataan bertujuan untuk mengantisipasi debit air yang akan datang nantinya. Karena kita tidak dapat mempredediksi debit air yang akan datang nantinya.

  1. Penanaman

Penanaman pohon disekitar sungai yang ada di hulu akan membantu mengurangi debit air yang akan melewati sungai. Karena akar dari tanaman  dapat meredam debit air yang datang secara tiba tiba disaat hujan.