Tanpa Batu Bata, Tren Bangunan Masa Kini

Tanpa Batu Bata, Tren Bangunan Masa Kini

Membangun rumah tanpa batu bata mungkin terdengar nyeleneh. Rumah tanpa bata ibarat manusia tanpa tulang. Lewat konsep M-system, Anda sudah bisa membuat rumah terlihat nyaman.

Saat ini rumah tanpa bata bukan lagi sekadar mimpi. Perkembangan teknologi konstruksi telah mewujudkannya untuk Anda. Sebuah konsep pembangunan rumah yang lebih ringkas, aman, ramah lingkungan, dan lebih efisien. “Konsep M-System menggunakan sejumlah panel yang terbuat dari kombinasi dua jenis bahan.

Superfoam yang merupakan inti panel yang ramah lingkungan dan bersifat self extinguising dengan kepadatan 16 sampai 35 kg dan variasi ketebalan mulai dari 40 sampai 320 mm,” ujar arsitek Rizky Artando. Inti dari bahan material M-System biasanya dibungkus dan diperkuat dengan rangkaian kawat baja masih menjadi material komposit setiap pasang.

“Pada M-System, biasanya rangkaian baja galvanis dirangkai di kedua sisi superfoam dengan daya tarik yang kuat sampai 600Mpa,” kata Rizky. Kombinasi ini membuat panel M-System menjadi sebuah kerangka pengganti bata yang bisa jauh lebih kuat, kokoh, dan juga solid.

“Penggunaan M-System tidak terbatas di dinding dan bekisting saja. M-System dapat digunakan untuk kebutuhan lantai, border, sampai bagian anak tangga,” katanya. M-System mampu menopang bangunan setinggi empat lantai.

Ruang di antara superfoam dapat diisi dengan beton untuk mendapatkan karakter struktur bangunan yang dibutuhkan. Untuk kalkulasi volume plesteran, di bidang seluas 60 m2 dapat diplester selama satu jam dengan ketebalan 1 cm. Instalasi kelengkapan bangunan semisal pipa dan kabel juga dapat dipasang dengan mudah.

Dibandingkan dengan sistem konstruksi konvensional, aplikasi M-System punya banyak keuntungan. Seperti perakitan yang lebih cepat, bobot yang ringan, banyak pilihan untuk beragam kebutuhan, serbaguna, daya tahan tinggi, hemat energi, dan lebih ekonomis.

Penggunaan M-System juga berdampak positif bagi rumah karena sifatnya yang menyekat panas, ruangan akan lebih dingin. “Keunggulan M-System bisa juga meredam bising karena dibuat dari material tahan api, tahan gempa, dan badai,”papar Rizky M-System merupakan solusi yang paling tepat untuk sistem bangunan yang ramah lingkungan dibanding sistem tradisional dengan ketergantungannya terhadap material yang berasal dari sumber daya alam seperti batu, dan kayu.

“Fitur insulasi yang dimiliki superfoam menjadikan M-System jauh lebih efisien dalam hal penghematan energi dibanding jenis bahan bangunan lainnya,” kata Rizky. Saat ini di Indonesia memang belum mengenal pengaplikasian M-System.

Baru di negara seperti Eropa saja yang sudah banyak menerapkan konsep bangunan ini untuk pengaplikasian rumahnya. “Di Indonesia sendiri yang sudah berkembang material bangunan yang dibuat dengan bahan utama expanded polystrene system atau EPS dan kawat baja yang sudah digalvanis agar tidak berkarat di setiap sisi dan juga dalamnya,” kata arsitek kelahiran Sumatera Barat ini.

EPS merupakan bahan sejenis sterofoam , hampir sama secara fisik namun berbeda dalam bahan pembuatannya. EPS dibuat dengan kepadatan yang lebih padat dan dengan zat aktif khusus sehingga EPS ini tidak menjalarkan api ketika dibakar.

“Biasanya material ini sering disebut sebagai panel bangunan dengan nama MPANEL. Fungsinya hampir sama dengan M-System, yaitu menggantikan material batu bata yang bisa dijadikan sebagai dinding, partisi, tangga, lantai, dan atap,” tutur Rizky.

MPANEL sebegai material bangunan hanya berbentuk lembaran panel dengan lebar 1,2 m dan tinggi maksimal 9 m. Dengan lembaran panel yang sudah tersedia, maka proses pembangunan dapat lebih cepat dengan hanya mendirikan panel tersebut Kelebihan MPANEL yaitu tidak membutuhkan waktu yang lama seperti batu bata yang membutuhkan waktu lama untuk menyusun bata tersebut sampai berdiri tegak lurus.

Sumber :

https://lifestyle.okezone.com/read/2018/01/24/196/1849713/tanpa-batu-bata-tren-bangunan-masa-kini

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*