LIKUIFAKSI

Likuifaksi

Likuifaksi adalah fenomena perilaku tanah yang secara tiba-tiba kehilangan kekuatan dan kekakuannya akibat adanya tegangan sehingga menyebabkan tanah tersebut berperilaku seperti cairan atau air berat.

Menurut penjelasan dari Department of Civil Engineering, University of Washington, likuifaksi atau pencairan tanah ini akan terjadi di tanah jenuh atau tanah sebagian jenuh, yaitu tanah yang ruang antar partikelnya terisi oleh air.

Dalam keadaan tenang, tekanan air dalam tanah cenderung rendah. Namun guncangan keras seperti gempa bumi dapat menyebabkan tekanan air naik. Saat tekanan air naik, kekuatan tanah pun berkurang sehingga akhirnya bangunan yang berada di atasnya menjadi amblas.

Ada tiga hal yang menyebabkan likuifaksi terjadi, yaitu tanah yang cukup renggang (biasanya tanah tersebut terdiri dari pasir), tanah yang digenangi air, serta terjadi goncangan yang cukup keras seperti gempa bumi.

Untuk lebih mudah memahami mengapa likuifaksi dapat terjadi setelah gempa, sebuah video percobaan dari Illinois State Geological Survey dapat membantu untuk menjelaskan mengapa fenomena ini terjadi.

Percobaannya cukup sederhana, yaitu menggunakan pasir yang sudah dicampur sedikit air dan ditaruh dalam sebuah wadah. Kemudian, masukkan benda-benda ke dalam pasir tersebut sebagai ilustrasi banguan atau objek di atas tanah.

Dalam video ini benda yang digunakan adalah bola pingpong dan beban timbangan. Bola pingpong dikubur dan beban timbangan ditancapkan ke dalam pasir untuk melambangkan objek dan bangunan yang berada di dalam dan di atas tanah.

Setelah siap, lalu berikan sedikit goncangan berulang kali pada wadah penyimpan pasir untuk mensimulasikan gempa bumi. Maka akan terlihat pasir akan bergerak-gerak bergelombang, sedikit demi sedikit air akan keluar dan menggenang, bola pingpong yang ada di dalam pasir muncul ke atas permukaan, sementara beban akan perlahan-lahan amblas dan masuk ke dalam pasir.

https://youtu.be/b_aIm5oi5eA

 

Sumber : https://kumparan.com/@kumparansains/mengenal-likuifaksi-fenomena-tanah-bergerak-akibat-gempa-palu-1538445454938082545

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*