, , ,

[ BINGUNG MODAL? ]

Hai Civilian!!!
Satu dari beberapa masalah utama yang menghalangi orang untuk mulai berwirausaha adalah permodalan.
Beberapa cara klasik yang biasa dicoba diantaranya adalah dengan menabung, atau beberapa yang cukup berani akan melakukan peminjaman.
Namun, tahukah teman-teman bahwa sebenarnya ada cara yang lebih cerdas dari cara-cara di atas?
Berikut adalah sedikit dari banyak cara mencari permodalan, bagi mahasiswa, yang kami sarankan.

1. Mengajukan Proposal PKM-Kewirausahaan
Proposal yang diajukan tidaklah terlalu detail dan rumit, hanya 10 halaman (merujuk yang terakhir). Jika lolos proposal, teman-teman akan diberi dana hibah sebesar 5 – 12,5 juta. Lumayan bukan?

2. Mengajukan Proposal Program Mahasiswa Wirausaha
Proposal yang diajukan sedikit lebih detail dan rumit dari sebelumnya, namun beberapa bagian isinya bisa sama. Dana yang didapatkan pun cukup besar bagi pemula, dana terbesar yang diterima untuk periode tahun ini di Undip adalah 17,5 juta untuk tiap bisnis yang diajukan. Tahun ini ada 27 tim yang menerima pendanaan PMW.

3. Mengikuta kompetisi bisnis plan dan sejenisnya
Di undip ada banyak lomba bisnis plan, dua diantaranya ada DEF yang diadakan BEM FT Undip, ada juga ECOPRENEUR oleh BEM FEB. Dari Universitas lain pun ada banyak kompetisi serupa yang semuanya dibuka untuk mahasiswa dari mana saja. Perbedaan dari yang sebelumnya, kita akan diminta untuk mengirimkan rencana bisnis kita dalam bentuk Business Model Canvas (sudah dijelaskan pada edisi WK sebelumnya), untuk kemudian bisa mengirim proposal setelah dinyatakan lolos bmc.

4. Inkubator bisnis
Di Undip ada yang namanya Klinik Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis (KKIB). Sedikit yang penulis ketahui tentang KKIB adalah, disana ketika sudah diterima sebagai tenant, kita akan dibimbing secara intensif dan dicarikan jalan untuk pemodalan yang tidak semua orang tahu aksesnya, bukan cuma puluhan juta, tapi hingga ratusan juta. Ini adalah wadah paling komplit untuk membentuk wirausaha bagi mahasiswa, dibanding cara di atas, karena ilmu yang didapatkan para tenants sangat luas. Di teknik, tahun lalu ada yang namanya PIBT.

Selain paham harus paham betul dengan rencana bisnis kita, kita juga harus paham kriteria proposal yang baik dan benar untuk mengajukan ide bisnis kita agar mendapat suntikan dana segar.

Sekian, semangat berwirausaha, semangat berkarya nyata!
Oiya, sukses UTSnya!

Bidang Kewirausahaan
#HMS2017
#ProgresifMenginspirasi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*