WIRUS KNOWLEDGE Edisi April

Memiliki usaha adalah hal yang sangat menyenangkan, mengasyikkan juga menghasilkan. Apa aja sih hal yang harus kamu miliki jika ingin menggeluti dunia usaha?

Nah, berikut ada DELAPAN karakter yang mestinya ‘harus’ untuk kamu miliki jika ingin memulai usaha.

1. Berpikir Otentik
Sedari dini, cobalah untuk menuangkan pemikiran dan karya asli dari imajinasi yang kamu miliki. Sederhana tapi tidak banyak dicoba, padahal mudah jika sudah terbiasa. Pemikiran aslimu akan membiasakan kamu untuk berpikir kreatif juga berbeda dalam artian positif, yang mana hal ini sangat baik sebagai dasar kamu untuk terjun di dunia usaha, bahkan dunia lainnya.

2. Bangun Relasi yang Kuat
Adalah hal yang sangat mendasar. Antara produsen dan konsumen, keduanya saling membutuhkan.
Baik.. anggap saja kita mulai dari awal dimana segalanya masih dalam ranah yang lebih sederhana.
Saat kamu memulai usaha, siapa yang akan menjadi konsumennya? Ya, orang-orang terdekatmu. Jika kamu tidak memiliki relasi yang baik lagi kuat dengan mereka, bisajadi mereka akan menjadi kurang tertarik atas apa yang kamu tawarkan.
Relasi sangat penting untukmu memulai usaha, dan jauh lebih penting dalam setiap keberjalanannya. Karena seorang pengusaha tidak bisa bekerja sendiri, kamu butuh orang lain, kamu butuh team. Biasakanlah bekerja dalam team.
dan emmm… Relasi bukan cuma kepada sesama ya, tapi juga kepada Yang Mahakuasa dan segala ciptaannya.
Jujur dan bersikap baik kepada semuanya, bisa menjadi kunci sukses utama.

3. Cari Peluang Baru
Ketika kamu menemui kesulitan dalam kehidupan sehari-hari, maka sebenarnya kamu sedang melihat peluang baru, jika kamu jeli.
Itu baru di dalam hidupmu, belum lagi kesulitan yang dialami kerabatmu juga orang di sekitarmu. Misalnya saja adikmu tidak suka mengonsumsi ikan karena berduri dan bau amis, maka pertanyaan ‘bagaimana caranya adik tetap suka makan ikan’, dapat menjadi solusi untuk nantinya dikembangkan menjadi lahan usaha, karena sejatinya banyak orang memiliki masalah yang sama.

4. Kejar Peluang dengan Disiplin Tinggi
Ini adalah hal yang sulit, dibutuhkan mental kuat juga kemauan tinggi untuk melakukannya. Disiplinlah atas apa yang telah kamu sepakati sebagai target, kejar sampai dapat lalu pertahankan dan tingkatkan.

5. Berpikir Simple
Lebih tepatnya, temukan sebuah solusi yang simple. Berpikir untuk menyederhanakan sesuatu yang kompleks adalah hal sulit, namun jika kita bisa mencapainya, maka semuanya pun akan terasa mudah.

6. Fokuskan Waktu Tenaga dan Pikiran
Dalam mengerjakan sesuatu, fokus adalah hal yang harus kita junjung tinggi untuk mencapai sebuah keberhasilan. Sebagai mahasiswa, ini adalah hal yang sangat sulit ketika kamu harus membagi fokus antara kuliah, tugas, organisasi, ukm, juga kepanitiaan sebuah event. Selakanlah sedikit waktu untuk kamu bisa memfokuskan diri pada usaha yang kamu tekuni, tak banyak tak masalah, yang penting efektif dan produktif.

7. Action Oriented
Berorientasilah pada aksi. Menimbang resiko memang diperlukan, tapi aksi dan eksekusi adalah hal yang jauh lebih dibutuhkan. Cobalah percaya diri dengan idemu, segerakanlah untuk mulai bergerak, berani ambil resiko, and see what happen.
ya, just do and see and then lakukan evaluasi.

8. Mau Belajar dan Membuka Diri
Hidup adalah proses belajar yang tak pernah berhenti, begitu juga dalam dunia usaha. Terus belajar untuk menyempurnakan usaha yang kamu tekuni. buka diri juga siapkan hati.
Coba terima apabila ada masukan juga kritikan. terima saja dahulu, baru kemudian masukkan ke dalam agenda evaluasi lalu lakukan pembahasan secara kritis, logis dan sistematis.
Jangan juga sesekali meletakkan gengsi dalam setiap keputusan, karena gengsi akan selalu mengalahkan akal sehatmu,kawan.

Sekian, Semangat Berkarya!

(Wirus Knowledge/ Erlangga Dyza I)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*