,

Diterjang Debit Air Sungai Krengseng, Jembatan depan FEB Undip Ambrol Terkikis

JEMBATAN

Jembatan adalah suatu struktur konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan, seperti untuk  menyebrangi sungai ataupun jalan raya. Jembatan sering menjadi komponen kritis dari suatu ruas jalan, karena sebagai penentu beban maksimal kendaraaan yang melewati jalan tersebut. Ada banyak sekali macam jembatan yang ada, mulai dari jembatan yang besar hingga jembatan yang kecil, namun mereka sama-sama memiliki peran yang penting.

 

AMBROLNYA JEMBATAN

Ambrolnya Jembatan yang berada di depan FEB  dikarenakan adanya beberapa faktor. Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh Tim Ristek HMS 2017 kepada salah satu dosen Geoteknik Kresno Wikan Sadono, S.T.,M.Eng, penyebab utama dari ambrolnya jembatan karena debit air yang mengalir dari hulu lebih besar dari daya tampung volume air yang mampu mengalir melewati jembatan tersebut, alhasil air akan terus menerus menggerus DPT yang ada dan membuat tanah di sekitar jembatan terkikis. Hal ini menyebabkan jembatan tidak kuat menahan beban yang ada di atasnya, ditambah saat huajan deras datang dimana debit air yang mengalir tidak dapat lagi tertampung dan ini membuat air akan meluap dan semakin memperparah kerusakan jembatan.

 

KEADAAN JEMBATAN SAAT INI

Untuk saat ini karena jalur  kiri jalan jembatan mengalami pengikisan yang cukup parah maka jalur tersebut  ditutup dan akses yang di gunakan hanya jalur kanan. Memang sudah ditutup dengan plang yang bertulisan “MAAF jembatan ambrol” dan police line tapi tetap saja ada beberapa kendaraan yang melewati jembatan tersebut, hal ini sangat berbahaya karena penambahan beban pada jembatan dapat semakin melemahkan DPT dan membuat kerusakan pada jembatan semakin parah. Selain itu penutupan jalur juga dilakukan sebagai upaya keamanan bagi pemakai jalan.

Cek video dibawah ini untuk liat tanggapannya ya!

 

SOLUSI UNTUK AMBROLNYA JEMBATAN

Jembatan yang digunakan untuk menghubungkan dua ruas ini tidak layak untuk dipertahankan. Sebab struktur bawah jembatan telah ambrol dan tidak memungkinkan menahan beban berat. Dimana hal ini mengganggu kelancaran transportasi di daerah tersebut.

Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, solusi yang tepat untuk ditindaklanjuti adalah:

  1. Pembangunan Ulang

Pembangunan ulang jembatan dengan meluaskan sisi jembataan bertujuan untuk mengantisipasi debit air yang akan datang nantinya. Karena kita tidak dapat mempredediksi debit air yang akan datang nantinya.

  1. Penanaman

Penanaman pohon disekitar sungai yang ada di hulu akan membantu mengurangi debit air yang akan melewati sungai. Karena akar dari tanaman  dapat meredam debit air yang datang secara tiba tiba disaat hujan.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*